A.
PACKAGE
Package Dalam Bahasa Java
1. Pengertian
- Package adalah suatu cara untuk memanage class-class yang
kita buat. Package akan sangat bermanfaat Jika class-class yang kita buat
sangat banyak sehingga perlu dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu.
- Package adalah koleksi dari beberapa class dan interface
yang berhubungan, dan menyediakan proteksi akses dan pengelolaan namespace
2. Ketentuan
- 1 package adalah 1 subfolder di file
system
- Package sangat berguna untuk mengorganisir
file dalam suatu Project atau library
- Nama package menggunakan lowercase
- Keyword: package name;
Package digunakan untuk mengelompokkan file kelas (*.class)
yang terkait (karena jenisnya, fungsinya atau karena alasan lainnya) pada
direktori yang sama, dimana didalam setiap kelasnya terdapat directve (statemen
java dalam source code yang digunakan untuk membuat kelas) package yang mengacu
pada directori tersebut.
Deklarasi package :
Package namaPackage;
Secara
umum, bila ingin menggunakan kelas yang telah dideklarasikan dan dikompile ke
dalam suatu package, maka anda perlu membubuhkan pernyataan import pada kelas
pemanggil tersebut.
Deklarasi import:
1. Mendeklarasikan penggunaan kelas suatu package satu persatu
Import namaPackage.namaKelas;
2. Mendeklarasikan penggunaan semua kelas suatu package
Import
namaPackage.*;
B. JAVA
KELAS
Kelas Dalam Java
Class adalah struktur
dasar OOP yang terdiri dari atribut/field/property method. Kelas merupakan salah satu konsep
fundamental pemrograman ber-orientasi objek. Kelas dapat diilustrasikan sebagai
suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan
objek.
Definisi Kelas
Definisi kelas terdiri atas dua komponen, yaitu deklarasi kelas dan body kelas. Deklarasi kelas adalah baris pertama di suatu kelas, dan minimal mendeklarasikan nama kelas. Sementara itu, body di deklarasikan setelah nama kelas dan berada di antara kurung kurawal.
// deklarasi kelas
public class ContohKelas {
// body kelas
}
Di Java, nama kelas sekaligus merepresentasikan nama file kode program, dan sifatnya adalah case sensitive.
Definisi kelas terdiri atas dua komponen, yaitu deklarasi kelas dan body kelas. Deklarasi kelas adalah baris pertama di suatu kelas, dan minimal mendeklarasikan nama kelas. Sementara itu, body di deklarasikan setelah nama kelas dan berada di antara kurung kurawal.
// deklarasi kelas
public class ContohKelas {
// body kelas
}
Di Java, nama kelas sekaligus merepresentasikan nama file kode program, dan sifatnya adalah case sensitive.
Di Java, nama dari kelas yang
digunakan harus sama dengan nama dari file java yang dibuat. Misal file KelasBaru.java
didalamnya harus dibuat kelas dengan nama KelasBaru. Seperti berikut ini :
public class KelasBaru {
// Isi Kelas
}
Berikut ini adalah kegunaan kelas :
· Mengelompokkan object-object menjadi kelas-kelas berarti
mengabstraksikan persoalan yang dihadapi. Abstraksi memberi daya keampuhan
pemodelan dan memberikan kemampuan generalisasi beberapa kasus spesifik menjadi
induk kasus-kasus yang serupa.
· Definisi-definisi common (seperti nama kelas dan atribut)
cukup disimpan sekali per kelas bukan sekali per instan kelas (object). Operasi-operasi
dapat ditulis sekali per kelas. Semua object dalam kelas mendapat manfaat
penggunaan kembali (reuse) kode itu.
Konstruktor
Bentuk konstruktor mirip dengan
method, hanya saja konstruktor tidak memiliki return value seperti halnya
method. Nama konstruktor harus sama dengan nama kelas yang digunakan. Jika
dalam suatu program java tidak memiliki konstruktor maka Java akan menambah
konstruktor secara otomatis saat program dieksekusi.
public class KelasBaru {
public KelasBaru(){
// Isi Konstruktor
}
}
Access Modifier
Setiap kelas memiliki sebuah access
modifier yang mendefinisikan hak akses dari kelas tersebut. Jika access
modifier kelas adalah public maka kelas tersebut dapat diakses dari mana saja.
Jika dalam pembuatan suatu kelas
kita tidak mendefinisikan access modifier maka access modifier kelas tersebut
menggunakan access modifier default.
Access modifier lainnya adalah
protected, abstract, final, dan private.
Keyword super dan this
Keyword this digunakan untuk
mengakses variable ataupun method local.
public class Coba {
int aa;
public void setAa(int aa){
this.aa = aa;
}
}
Keyword super digunakan untuk
mengakses variable ataupun method yang berada di kelas Induk.
Public class Coba2 extends Coba {
// mengakses method di kelas induk
super.setAa;
}
Kelas
String
String merupakan kelas yang
menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang sangat
berguna memanipulasi string.
Beberapa method dalam kelas string
adalah:
· Char charAt(int indeks)
· boolean equals(Object anObject)
· boolean equalsIgnoreCase(String anString)
· int lenght()
· string toLowerCase()
· string toUpperCase()
· string trim()
Kelas Math
Math adalah kelas yang terdapat pada
paket java.lang yang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika.
Class
Body
Class Body merupakan bagian dari
kelas yang mendeklarasikan kode-kode program (program codes) Java. Class Body
bisa dibedakan menjadi tiga bagian utama dari sebuah kelas sebagai behavior
dari kelas dan object. Tiga bagian utama yang dimaksud adalah :
1.
Konstruktor (constructor) digunakan
untuk instansiasi object
2.
Variabel (variable) menyatakan atau sebagai
keadaan (state) dari kelas dan objek
3.
Metode (method) berupa fungsi-fungsi
(functions) atau prosedur-prosedur
LANGKAH-LANGKAH
PRAKTIKUM
A. Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam
berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Manusia{
public String nama="";
public Manusia(String nama){
this.nama=nama;
}
}
B. Tumbuhan.java
//file Tumbuhan harus beada dalam
folder makhlukhidup
package makhlukhidup;
public class Tumbuhan{
public String nama="";
public Tumbuhan (String nama){
this.nama=nama;
}
}
C. Burung.java
//file Burung harus berada dalam
folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan;
public class Burung{
public static final boolean bisaTerbang=true;
public String nama="";
public Burung (String nama){
this.nama=nama;
System.out.println("Nama burung : "+nama);
}
}
D. MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada
dalam folder Meet6
public class MainMakhlukHidup {
public static void main(String [] args){
makhlukhidup.Manusia m=new makhlukhidup.Manusia
("Sayuti");
System.out.println("nama: "+m.nama);
makhlukhidup.Tumbuhan t=new
makhlukhidup.Tumbuhan
("Palem");
System.out.println("nama:"+t.nama);
System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?" + makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
makhlukhidup.hewan.Burung b=new
makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
}
}
output :
E. MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada
dalam folder Meet 6
import makhlukhidup.*;
import makhlukhidup.hewan.*;
public class
MainMakhlukHidupPakeImport{
public static void main (String [] args){
Manusia m=new Manusia ("Sayuti");
System.out.println("nama:"+m.nama);
Tumbuhan t=new Tumbuhan("Palem");
System.out.println("nama:"+t.nama);
System.out.println ("Semua burung pasti bisa
terbang
?"+Burung.bisaTerbang);
Burung b=new Burung("Beo");
}
}
F. ContohString.java
public class ContohString {
public static void main(String [] arqs) {
String Kalimat ="Selamat belajar JAVA";
System.out.println("toUpperCase :
"+Kalimat.toUpperCase());
System.out.println("toLowerCase :
"+Kalimat.toLowerCase());
System.out.println("Jumlah Karakter : "+Kalimat.length());
System.out.println("Karakter index ke 0 : "
+Kalimat.charAt(0));
System.out.println("substring(16,20)
: "
+Kalimat.substring(16,20));
System.out.println("Karakter index ke 0 : "
+Kalimat.trim());
}
}
output :
G. OpMatematika.java
public class OpMatematika {
public static void main(String[]
arqs) {
System.out.println("E
= " +Math.E);
System.out.println("PI
= " +Math.PI);
System.out.println("Ln
20
= " +Math.log(20.0));
System.out.println("ceil(-5.6)
= " +Math.ceil(-5.6));
System.out.println("floor(-5.6)
= " +Math.floor(-5.6));
System.out.println("round(-5.6)
= " +Math.round(-5.6));
System.out.println("sqrt(25)
= " +Math.sqrt(25));
System.out.println("pow(25,0.5)
= " +Math.pow(25,0.5));
}
}
output :