LAPORAN
PRAKTIKUM 2
CLASS, METHOD,
CONSTRUCTOR, MODIFIER dan OBJECT
DASAR TEORI
Pada pemrogrman berorientasi objek terdapat dua istilah yang sangat
terkenal yaitu kelas dan objek. Kelas dapat di analogikan sebagai
cetakan dari suatu benda (objek), sedangkan objek adalah benda/hasil
produksi dari cetakan (kelas) tersebut. Perbedaan kelas dan objek dapat
dijelaskan dengan analogi, misalnya kelas itu seperti cetakan kue, kelas adalah
cetakan untuk objek.
Atribut
adalah keadaan yang dimiliki oleh objek. Sedangkan method adalah apa-apa yang menurut subjek harus dapat dilakukan
objek. Method yang dimiliki objek berkelas mobil dapat berupa cara menghidupkan
mesin dan cara mengoper persneling.
A.
CLASS
Class merupakan bagian utama pada pemrograman
Java. Class digunakan untuk membuat object, dan berperan sebagai tipe dari
objek. Class merupakan sarana pengkapsulan kumpulan-kumpulan data dan kumpulan
method yang mengoperasikan data tersebut. Kelas pada java di defenisikan dengan
menggunakan kata kunci class. Berikut ini merupakan deklarasi atau bentuk umum Class
pada Java:
[modifier1]
class Namakelas [modifier2]{
Class
body;
}
B.
METHOD
Method merupakan
tingkah laku dari suatu objek atau class, jika bersifat static berarti tingkah
laku semua objek dalam kelas tersebut. Method diletakkan didalam classbody
sebaliknya tidak diletakkan dalam method lain. Method digunakan untuk
memodularisasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit
tersendiri.
Deklarasi
method pada Java :
[modifier1]tipeNilaiKembalian
namaMethod(parameter input){
Method
body;
}
C.
CONSTRUCTOR
Pada prinsipnya constructor adalah method yang
tidak memiliki return value (secara implicit adalah instant dari kelasnya).
Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method
itu berada. Constructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memberikan
nilai default) pada atribut-atribut yang dimiliki oleh suatu objek saat objek itu pertama kali
dibuat.
Sifat-sifat constructor yaitu :
1. Namanya sama
dengan nama class
2. Boleh
memiliki argument lebih dari satu atau tidak sama sekali.
3. Tidak boleh
mengembalikan nilai (termasuk tidak ada kata-kata void).
Bentuk umum Constructor yaitu :
[modifier] namaConstructor (tipe namaparameter) {
constructorbody;
}
D.
MODIFIER
Adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut,
method maupun kelas dalam java. Modifier akses adalah modifier yang selalu
digunakan untuk member tanda hak akses pada resource tertentu. Modifier akses
terdiri dari Private, Default, Protected, dan Public dan
beberapa Modifier lainnya yaitu Static
dan Final. Ini sering di implementasikan pada class, method, variable.
·
Static yaitu modifier
yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objek atau
kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut
maupun method itu berada. Method main adalah salah satu contoh method modifier
static yang sering digunakan
·
Final yaitu modifier
yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun
method. Dengan modifier suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.
E.
OBJECT
Object adalah
instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah
objek, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Sebuah
class dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan
secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operator NEW untuk membuat objek dari suatu class.
Objek dibuat dengan cara menuliskan:
1. NamaKelas
NamaObjek= new NamaConstructor();
2. NamaKelas
namaObjek;
NamaObjek=new NamaConstructor();
Proses diatas disebut instansiasi. Ketika objek
selesai dibuat, objek tersebut disimpan di dalam memori dan dapat diakses oleh
objek-objek lain melalui nama-nama objeknya.
LANGKAH-LANGKAH PRAKTIKUM
A.
Contoh Program Disket.java
Public class Disket {
Int
panjang = 10;
Final
int LEBAR = 10;
String warna = “kuning”;
String
bentuk = “segiempat”;
String
data = “ “;
void simpanData (String data1) {
this.data
+= data1;
}
void hapusData () {
Data
= “ “;
}
String bacaData() {
Return
data;
}
}
B.
Contoh Program MainDisket.java
Class MainDisket {
public static void main (String[]
args) {
Disket
disk1 = new Disket();
System.out.println(“Panjang
disket = “+ disk1.panjang);
System.out.println(“Lebar
disket = “+ disk1.LEBAR);
System.out.println(“Warna
disket = “+ disk1.warna);
System.out.println(“Bentuk
disket = “+ disk1.bentuk);
System.out.println(“data
mula-mula = “+ disk1.bacaData());
disk1.simpanData(“Belajar
java”);
System.out.println(“Setelah
SimpanData = “+ disk1.bacaData());
disk1.hapusData();
System.out.println(“Setelah
hapusData = “+ disk1.bacaData());
}
}
C.
Mengimplementasikan konstruktor pada class Disket
1.Buka file Disket.java
2. Tambahkan source kode dibawah ini pada baris ke 7.
Setelah di tambahkan lalu simpan, compile dan run kelas Disket.java
Disket () {
Panjang
= 100;
}
Disket
(int panjang1) {
This.panjang
= panjang1;
}
D.
Ubah source kode pada baris ke 3 dari
MainDisket.java dangan source kode di bawah ini :
Disket
disk1 = new Disket(50);
Tidak ada komentar:
Posting Komentar