Minggu, 07 Oktober 2012

DASAR-DASAR JAVA


DASAR-DASAR JAVA
DASAR TEORI
                JAVA adalah pemrograman berorientasi objek. JAVA menggunakan kelas-kelas untuk mengorganisasikan kode program dalam modul-modul logika. Pemrograman berorientasi objek menjadikan objek sebagai komponen utama dalam program. Sedangkan pada pemrograman yang tidak berorientasi objek, fungsilah yang menjadi perhatian utama. Pendekatan pemrograman berorientasi objek membuat pengembangan program dapat dilakukan dengan lebih mudah, mengurangi duplikasi kode dan mengurangi kesalahan.
      A.      EDISI JAVA
JAVA merupakan sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat berjalan pada platform yang berbeda, baik Windows, Linux, serta system operasi lainnya. Berikut uraian singkat mengenai paket aplikasi Java yang tersedia ;
      1.       Java 2 Standard Edition (J2SE)
Paket instalasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan pada lingkungan workstation, seperti aplikasi desktop.
      2.       Java 2 Enterprise Edition (J2EE)
Paket instalasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada lingkungan internet maupun aplikasi skala Enterprise.
      3.       Java 2 Micro Edition (J2ME)
Paket instalasi ini dapat digunakan untuk mengembangkan software yang berjalan pada perangkat yang memiliki memori dan sumber daya yang kecil, seperti handphone, PDA, dan smartcard.

      B.      SEJARAH SINGKAT JAVA
Pada tahun 1991, sekelompok insinyur Sun Microsystem, Inc., dipimpim Patrick Naughton dan James Gosling merancang bahasa untuk perangkat consumer seperti cable TV box. Karena perangkat tidak memiliki banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan menghasilkan kode program yang liat. Proyek ini diberi nama kode Green.
Mulanya proyek ini diberi nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak Java”, James Gosling. Nama oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merk dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.

      C.      ATURAN DASAR JAVA
Aturan umum dari penggunaan sintaks bahasa pemrograman JAVA yaitu ;
      1.       JAVA = case sensitive.
      2.       Nama file dokumen JAVA harus sama dengan nama kelas.
     3.  Secara umum JAVA mengabaikan spasi kosong. Spasi kosong terdiri dari karakter yang tidak muncul  pada layar. Misalnya tab, spasi, baris baru. Gunakan spasi kosong untuk membuat program lebih menarik dan mudah dibaca.
     4.   Tanda {} adalah symbol pengelompokan dalam JAVA. Berfungsi untuk menandai awal dan akhir seksi   program.
      5.       Setiap pernyataan JAVA diakhiri dengan tanda ;
      6.       Program computer biasanya berisi komentar-komentar. JAVA menawarkan dua cara untuk menyisipkan komentar, yaitu ;
a.       Symbol // digunakan untuk penulisan satu baris komentar
b.      Symbol /* dan */ digunakan untuk penulisan komentar lebih dari satu baris.
Contoh :
/* ini adalah komentar yang lebih dari satu baris */
      7.       Aturan-aturan ini hanya berlaku untuk kelas :
a.       Dalam satu file Java, diperbolehkan memiliki lebih dari satu kelas.
b.      Dalam satu file .Java , jumlah kelas yang boleh dideklarasikan sebagai public hanya satu dan nama dari file .java harus sama dengan nama kelas yang dideklarasikan sebagai public.

      D.      ATRIBUT DAN TIPE DATA
Atribut menyatakan suatu lokasi di dalam memori computer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada di dalamnya bisa diubah. JAVA memiliki tipe data, sintaks keputusan dan perulangan yang sama dengan C dan C++.
Cara mendeklarasikan atribut :
      1.       TipeData namaAtribut ;
Contoh : int i;
      2.       TipeData namaAtribut = nilaiAwal ;
Contoh : String nama = “Java”;

Atribut dalam JAVA bisa dijadikan konstanta, sehingga nilainya tidak akan berubah. Untuk membantu nilai konstanta, gunakan kata kunci final yang diikuti dengan tipe data dan nama atribut dalam huruf besar .
Contoh : final double PHI = 3.14;
Contoh PROGRAM TesTipeData.java ;
class TesTipeData {
                public static void main (String[] args) {

                byte b = 1;
                short s = 100;
                int i = 1000;
                long l = 10000;
                char c = 'a';
                float f = 3.14f;
                double d = 3.14;
                boolean t = true;
                final double PI = 3.14;

                System.out.println("byte " +b);
                System.out.println("short " +s);
                System.out.println("int " +i);
                i = 010;
                System.out.println("int " +i+ " octal mode");
                i = 0XFF;
                System.out.println("int " +i+ " hexa mode");
                System.out.println("long " +l);
                System.out.println("char " +c);
                System.out.println("float " +f);
                System.out.println("double " +d);
                System.out.println("boolean " +t);
                System.out.println("PI " +PI);
}
}

      E.       KEPUTUSAN
Pernyataan if merupakan salah satu bentuk pernyataan berkondisi yang berguna untuk pengambilan keputusan terhadap dua buah kemungkinan.
Contoh  PROGRAM TesKeputusan.java ;
class TesKeputusan {
                public static void main (String[] args) {
                                char jeniskelamin = 'W';
                                //nested if
                                if (jeniskelamin=='L')
                                                System.out.println("Cowok");
                                else if (jeniskelamin=='P')
                                                System.out.println("Cewek ");
                                else
                                                System.out.println("Banci ");

                                //ternary
                                System.out.println(jeniskelamin=='P'?" dia pasti cowok. " : " dia pasti cewek ");
                                //switch case
                                switch (jeniskelamin){
                                                case 'P' : System.out.println("Cowok");
                                                                                                                                break;
                                                case 'L' : System.out.println("Cewek");
                                                                                                                                break;
                                                default : System.out.println("Banci");
                                                                                                                                break;
                                }
                }
 }
      F.       PERULANGAN
Seringkali kita harus melakukan pengulangan terhadap suatu proses. Untuk menangani hal-hal tersebut, Java menyediakan pernyataan while, do… while, dan for.
Contoh  PROGRAM TesPerulangan.java ;
public class TesPerulangan {
                public static void main (String[] args) {
                                int i;

                                //for
                                System.out.println("Perulangan For...");
                                for (i=0; i<10; i++)
                                                System.out.println("Perulangan ke : "+i);

                                //while
                                System.out.println("Perulangan While...");
                                i=0;
                                while (i<10) {
                                                System.out.println("Perulangan ke : "+i);
                                                i++;
                }

                //do while
                System.out.println("Perulangan Do While...");
                i=0;
                do {
                                System.out.println("Perulangan ke : "+i);
                                i++;
                }
                while (i<10);
}
}

1 komentar: